[catper] Papandayan 20-21 April 2013

Wadab gais! πŸ˜› sugeng enjang shalihin shalihat di weekend pertama ba’da TKD yang begitu indah ini *kemudian ada background bunga2 mekar muncul di belakang saya, njuk salto sepisan* alhamdulillah (mulai ngetik catper ini pekan pertama ba’da tekade, tapi ga kelar2). Sebentar, saya sedang nyekrol2 ingatan saya kembali ke April. Ini salah satu agenda ba’da TKD saya >>> nulis catper yang tertunda.

Akhir Maret 2013

Yup suatu sore di akhir Maret 2013 saya udah nangkring di kamar Indah ngobrol ngalor ngidul , saling bertanya, “April kemana kita?” Soalnya Maret udah gagal Nidung, its ok cause my mom visited me, then we went to dufan, my first time lhooo πŸ™‚ thanks Mi πŸ˜€Β Ane ceritain tu mimpi ane ke Indah..

Tiba-tiba sampailah saya di sebuah homestay, “Pak danaunya mana ya? Ranu Kumbolonya mana? Kok ga ada?” sambil celingukan nyari genangan air. Bapaknya jawab,”Lah ini bukan Semeru mbak, ini kawasan Gede Pangrango.” Ahirnya saya ga jadi nginep di situ, ambil daypack terus balik pulang.

Mimpinya emang agak absurd sii *bukan agak lagi ini mah* ndaki gunung kok tidurnya di homestay. Dari mimpi itu ane dapet inspirasi buat naik gunung, tapi ya jangan langsung Semeru to ya. Mulailah sore itu diskusi ama Indah. Nah kita gugling deh tu gunung yang ramah buat newbie. Terek dung jess dapetlah nama Papandayan, kita baca beberapa catper dan kelihatannya sangat mungkin untuk direalisasikan dalam waktu dekat, yaa April mendatang maksudnya. Kita sempet stuck dalam pengandaian, “Ndah nanti kalo ga ada yang mau kita ajak gimana? Kita ga reliabel sebagai seorang pendaki keknya.” πŸ˜† “Ya udah, nanti kita pergi berdua. Sesampai pintu masuk Papandayan balik Jkt lagi juga gapapa, seenggaknya kita udah pernah nyampe Papandayan, pintu masuknya!”, tukas Indah dengan polosnya. πŸ˜† Aku pun setuju2 aja, ini ni saya suka partner ngetrip yang spontan dan bersemangat. Karena kespontanan kami yang mirip juga kali yaa jadi kami cocok dalam masalah ngetrip, dalam ngetrip aja sii, kalo hal lain banyak ga cocoknya, banyak perangnya kami πŸ˜† Setelah mendapat secercah harapan dari gugling, kami putuskan untuk berusaha mendapatkan mminimal 2 pecinta alam dari kampus kami yang udah pernah ke Papandayan sebagai tour guide. Rencana disimpan di buku catatan dan aku pun pulang dengan bayang2 camping di gunung.

31 Maret 2013

Saya pun melakukan aksi nyata atas rencana ini dengan membuat group chat di fb, saya invite tu akhwat2 pecinta alam, yang suka ngetrip, sama yang pengen ikutan juga. Total saya invite 7 orang, akhwat semua. Geli sendiri saya kalo inget kalimat pertama di grup chat itu. Saya nulis, “aslmwrwb,Β mbak2 ch*by, ajarin kami ndaki yok..minggu ke3 ato ke4 april.” πŸ˜† Pada akhirnya grup chat itu ndak ada gunanya juga, no respon.

Awal-Pertengahan April 2013

Perjuangan dilanjutkan dengan mengompori akhwat2 tadi secara langsung, ‘face to face’ dan ‘getok tular’ πŸ˜† Oya saya juga berjuang nyelesain kerjaan karena deadline-nya Jum’at hari H. Mungkin karena keforsir kerjaan juga Senin, H-4 saya ngerasa ga enak badan pas bangun tidur, semacam tanda2 flu. Siangnya langsung saya kasih sate kambing + sop kambing, malemnya istirahat lebih awal sambil ngebungkus badan dengan sangat rapat seperti lemper biar keringetan. Tak lupa saya makan vitamin C, ini adalah strategi handal saya biar ga jadi sakit. Alhamdulillah Selasa pagi baikan, dan semakin baik di hari – hari berikutnya. Finally, dengan perjuangan yang sarat cucuran darah dan air mata #apadeh alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah menciptakan bumi dan seisinya ini, H-1 berangkat Papandayan.. kami FIX total 10 akhwat yang akan berangkat dan semuanya single (belum menikah) πŸ˜†

19 April 2013 (Jum’at)

Kami sempatkan ngumpul pas istirahat siang di kantin, bahas perkap sama bekal yang kurang, check and balance B-) Tuk kemudian janjian kumpul di kosanku 20.00, estimasi berangkat 21.00 udah di pool Primajasa samping BKN (BKN tuip BKN, yang ngadain TKD itu lho). Dan realisasinya nol besar πŸ˜† 21.00 masih sibuk repacking, beli nugget di Alf*mart eh ketemu Salam juga, yup Salam dkk juga akan berangkat Papandayan malam itu. Realisasi dari kesepuluh calon ma’mum ini adalah keluar dari kosanku 22.00.

pose keluar dari kosan

Sampe Jalan raya Otista nyempetin ke Apotek Imphi dulu beli Oxycan (oksigen kemasan praktis). Sembari menunggu 2 orang yang ke apotek, sisanya berjibaku dengan pak supir angkot buat nyarter itu angkot sampe pool Primajasa.

kondisi dalam angkot

22.25 sampailah kami di pool Primajasa.

nunggu bus primajasa jur Tasik

Langsung tanya ke pos security nya, dan astaghfirullah bus jur Garut sudah ndak ada jam segitu, kalo masih pengen ngejar jur Garut bapaknya nyaranin ke Terminal Kp. Rambutan tapi 23.00 adalah pemberangkatan terakhir. Kami ga mau ‘kecelik’ dua kali, hingga kami putuskan naik bus jur Tasikmalaya tuk turun di Cileunyi nantinya. Kami pun segera naik dan zzzzz pada bobo cantik deh.

20 April 2013 (Sabtu)

02.00 “Cileunyi.. Cileunyi..”, teriak kernet bus. Ane terbangun dari tidur yang agak ga nyenyak, idung meler gegara AC dan gejala pilek yang belum sepenuhnya sembuh. Kami segera turun, kemudian bingung πŸ˜† ini mau ngapain pagi buta gini, langsung deh kami ‘mbribik’ masjid terdekat “Masjid Al Musyawarah”. Pada berbaris nyopot sandal pendekar, menginjakkan kaki di teras masjid dan mmm ini lante kok kadar dinginnya lebih kerasa daripada pas di Jakarta πŸ˜† yaiyalah ini udah di Jawa Barat, Cileunyi pula.. udah beda suhu ama Jaktim Put! Awalnya pada duduk2 bersila cantik, lama2 kok makin dingin dan ngantuk. Akhirnya beberapa dari kami menggelar sleeping bag-nya untuk digunakan bersama. Pose ikan asin lagi dijemur, yes rapi. Beralaskan SB, berbantalkan daypack, berlapis jaket, bertemankan sepi.. apasih orang bersepuluh gitu. Kami pun tidur pulas sampe adzan shubuh berkumandang, syahdu. Ba’da shubuh kami repacking tuk kemudian bersiap menunggu angkutan jur Cikajang di depan masjid. Cukup lama kami menanti, seperti ada yang aneh, kenapa lalu lintas di depan kami macet sekali dan tak ada satupun angkot yang lewat. Lalu ada yang berinisiatif tanya ke mas2 terdekat, kata beliau jalan manaaa gitu *lupa* banjir, jadinya macet dan sebagian kendaraan dialihkan. Wainiii, kemudian kami tanya ke pak polisi di perempatan Cileunyi dan ternyata benar, semua angkutan menggunakan jalur alternatif, pyuh pantes ga ada yang lewat dari tadi. Kami pun segera mengikuti petunjuk pak polisi jalan ke ujung sono noh karena angkutannya pada lewat sono, jalan sekitar 30 menitan keknya, kemudian nunggu sekitar 30 menit juga.. pyuh ini daypack sama carrier udah mulai ‘kerasa’. Dan jujur ane tanpa persiapan latihan fisik ini , lalala~ Yak 06.30 kami dapet elf jurusan Cikajang, nego agak alot karena kami keliatan banget sebagai pendatang, harga awal masa 40ribu coba πŸ˜₯ alhamdulillah kena 25ribu/ orang *sebenarnya ini juga masih kemahalan tapi tak apa lah, kondisi benar2 macet dan kami mulai jenuh.

elf jompo

Elf merayap, sebentar2 berhenti, lalu ada penjual tahu sumedang, kami mborong, niat menyisihkannya sebagian tuk dimakan sesampai Papandayan pun hanya sebatas wacana, kami diserang rasa lapar yang hebat 😑 Kemasan roti tawar pun segera kami buka, ada yang terlupa.. “susu pouch” nya ada di daypack saya yang notabene ada di atas elf, karena elf sedang berhenti maka dengan heroik saya naik dan mengambilnya.. sungguh adegan ini epic sekali. Jalan yang benar2 macet, elf yang benar2 jompo (karena dia tidak berani mendahului kendaraan di depannya padahal arus dari sana sepi) memaksa kami untuk turun lalu berjalan kaki menyusuri Β jalan raya, syahdu.. angin semilir bertiup.. sesekali kami istirahat jika menemukan tempat yang teduh, dan Sang Elf pun tak kunjung nampak. Kami lanjut jalan kaki, nemu penjual siomay yaa mampir dulu. Begitu seterusnya hingga kami sempat latihan senam di tepi jalan *freak. Alhamdulillah tanda2 macet mulai sirna, kami segera naik elf lagi dan cusss, elf jompo mendadak menjadi remaja dengan segala semangatnya yang membara, ngebuuut, kerudung kami diterpa angin.. alhamdulillah. Sesampai Terminal Garut ada beberapa mas2 pake kaos seragam bertuliskan “You’ll never hike alone” menaiki elf kami, ketika di Merbabu saya sempet liat mas2 pake kaos itu juga, luchuk juga kalimatnya. Oh dan ternyata rombongan mas2 yang ga pengen hiking sendirian tadi juga mau ke Papandayan, kami turun serempak di Cisurupan untuk segera book pick up, saat itu pukul 13.30. Sebelumnya nyempetin lunch buat Sinta sama Vivin, 14.00 kami cus naik “pick up yang tidak manusiawi” kenapa? Karena itu jalannya rusak parah dan pantat sakit semua, pick up nya ga dikasih alas heuuu. Pokoknya pick up Papandayan ini adalah pick up paling tidak manusiawi selama pengalaman saya naik pick up. 14.30 nyampe Camp David, Ratna turun tuk registrasi Rp2000/orang.

pick up yang tak manusiawi

*berhenti nulis sejenak, ini udah panjang banget kok setengaha ja belum πŸ˜† lagi latian bikin catper ceritanya tuips

perhatikan perubahan ekspresinya :lol:

perhatikan perubahan ekspresinya πŸ˜†

Rintik hujan menyambut kami sejak di atas elf tadi, suasana melankoli menemani kami men-jama’ shalat dhuhur dan ashar. Jajan dikit di warung camp david, membunuh waktu sebentar dengan latar bukit gersang khas daerah kawah.

welcome

Sebelumnya kami udah janjian sama kelompok mas danang buat ngecamp di pondok salada, tapi cuaca seperti ini dan waktu yang hampir gelap membuat kami sepekat untuk mendirikan tenda di camp david saja. Awalnya agak ragu tapi ternyata semakin malam semakin banyak yang ngecamp di sini, alhamdulillah. Sekarang kalo weekend di gunung tu rame, ga usah takut πŸ˜† Ratna sama Via mbribik petugas camp david dengan beberapa butir buah siap makan yang sudah dikupas dan dibersihkan. Entah apa obrolan mereka yang jelas maksudnya adalah permintaan tolong menjaga tenda kami yang berisi akhwat semua ini. Ada yang ndiriin tenda, ada yang siap2 masak. DSC00083MasyaAllah, moment seperti ini telah sangat lama saya nantikan, saya rindu suara patahan parafin, saya rindu. Dan benar saja, entah bagaimana alurnya akhirnya saya juga yang kebagian matah2in parafin plus nyalain kompor πŸ™‚

I miss it

DSC00105Ingat sekali, terakhir saya melakukannya saat Jelajah Alam 50 di Kawah Ratu, Gunung Salak 4 tahun lalu, yaa 4 tahun lalu.. lama bukan. Tenda berdiri dengan gagahnya ditambah makanan yang sudah siap santap tambah kacau dengan aroma nugget goreng yang kemana2, kami berebut makan nugget goreng hingga timbul quote berikut, “Jangan sampai sepotong nugget merusak persaudaraan kita.” Dinner kala itu EPIC karena kami ga makan sedari pagi, makan sii tapi roti tawar sama tahu sumedang doang 😳

manisnya

DSC00115Good night, kami masuk ke sleeping bag masing2.DSC00149 Dan ini kali pertama saya tidur di dalam SB πŸ™‚ Lagi – lagi EPIC. Pukul 04.00 kami sudah bangun dan saya bisa rumuskan bahwa 3 tempat ternyaman untuk tidur sesuai dengan peringkatnya adalah rumah, masjid dan sleeping bag. Mungkin kalo saya udah nikah kelak, “pundak suami” akan menggeser nominasi2 tadi #OOT. Berat meninggalkan nyamannya SB, saya memaksa diri untuk keluar tenda.. subhanallah gugusan bintang menyambut dengan anggunnya. Terbersit keinginan untuk tidur beratapkan langit suatu saat nanti πŸ˜₯ (alhamdulillah tercapai di Pantai Sedahan, Gunungkidul 170913 lalu bersama Mbak Inna) Setelah yakin udah masuk waktu shubuh, kami segera shubuh berjama’ah di mushalla Camp David untuk kemudian segera mengejar transisi matahari di bukit sana. 05.15 kami benar2 meninggalkan tenda, beranjak menuju bukit yang kata Ratna epic buat ngeliat sunrise.

siluette papandayan

sunrise papandayan

Dan Allahu Akbar benar2 epic, cuaca sedang baik, Allah perkenankan kami menyaksikan keagunganNya yang mumumu. 06.30 kami lanjutkan perjalanan, mampir di lembah buat sarapan (bawa bekal nasi, lauk, agar2, dkk yang udah dimasak semalem) lalu lanjuuuuuut terus ampe salah jalan juga, malah nyampe tanjakan mamang yang nanjak abis pyuh, pantesan nanjaknya ga nahan, ini track buat ke puncak, padahal niat kami mau sampe Tegal Alun saja.

istiqomah style

DSC00246DSC00270DSC00274

Putar arah, track yang benar ternyata landai.. alhamdulillah 10.35 sampailah kami di Tegal Alun. Siap2in property kemudian foto2, di sini kami juga papasan dengan kelompok mas danang πŸ™‚

DSC00282DSC00428Cuaca tiba2 agak mendung2 syahdu gitu, jadi kami putuskan untuk segera balik ke tenda. Dan benar saja di tengah perjalanan kami diguyur hujan lebat, bermodalkan jas hujan seadanya kami susuri jalan balik perlahan.

DSC00437DSC00443 14.00 sampai camp, segera shalat, beberes untuk 15.15 naik pick up turuuuun.

DSC00446DSC00449DSC00474 Di Cisurupan kami naik angkutan untuk ke Terminal Garut, 16.55 sampai di terminal. Ternyata bus Garut – Jkt yang AC ga ada, ya sudah kami naik yang ekonomi bersama rombongan ikhwan.DSC00476 Keadaan sudah gelap baru Si Bus benar2 berangkat, sekitar pukul 18.00 lah. Kemudian sekitar pukul 23.00 sampai di terminal Pasar Rebo dilanjutkan naik angkot dan alhamdulillah 23.30 sampai kosan masing2. Esoknya Senin dan kami bersepuluh tetap berangkat magang, ini bagian yang saya suka B-) calon2 ma’mum yang super, aamiin.

Laporan Keuangan

garam kasar = 2.500
polybag 10 = 10.000
rafia = 2.000
roti tawar 3+ susu POUCH 1+nutrijel 1+coklat bar 2+ susu jahe instant 10 = 65.700
nugget 3 bungkus = 57.000
parafin 4 kotak = 80.000
jeruk IMPORT sekian kg + pear 2 = 52.000
sop2an = 5.000
sayur2an lain = 35.000 (akeh banget yak, rapapa.. marai sehat dan cantik kok sayuran ki)
cemilan (makaroni+kokokranch2an) = 19.000

angkot 06 Pasar Rebo – Otista 10x@3.500 = 35.000

TOTAL = 1.790.200
per orang iuran –> 179.000

Alhamdulillah meski saat berangkat sempat terseok2 bersama ELF JOMPO serta kehujanan di atas PICK UP YANG TIDAK MANUSIAWI yakinlah bahwa bersabar itu buahnya manis (ngendhikanipun Ibu, heuuu). Alhamdulillah kita bisa bermalam dalam tenda yang kering dengan pulas, disambut taburan bintang pada pukul 4 pagi dan senyuman matahari terbit yang bikin foto kita bagus πŸ˜† Alhamdulillah kita bisa makan malam dengan penuh syukur setelah melewatkan makan pagi+siang, heuuu.

KQSP (Kumpulan Quote Selama Perjalanan), kalo ada yang kurang monggo ditambahkan:

“nikmatilah masa gerahmu sebelum datang masa dinginmu”

“persaudaraan kita lebih berharga dari sepotong nugget”

“kademen e, piye nak mbribik sing lagi gawe api unggun?”

KKPSP (Kosa Kata Penting Selama Perjalanan):
-jagung pouch
-elf jompo
-kalian luar biasa

Thanks to:
Allah SWT yang masih memberi kesempatan pada kami untuk menikmati, mensyukuri dan mencintai ciptaanNya yang begitu indah, orang tua kami yang telah memberi izin, penjaga pos Camp David yang baik hati, mas2 yang mencoba membuatkan kami api unggun tapi tak kunjung berhasil, pendaki lain yang kami tanya2i karena ga tau jalan, Mbak Mei (pendaki yang merupakan ibu dari 3 anak) yang mengingatkan kami bahwa hari itu adalah hari kartini, 10 calon ma’mum yang luar biasa dan seluruh pihak yang turut menyukseskan piknik ini.

Sampai jumpa dalam piknik/trip berikutnya dalam rangka golek bribikan #eh maksudnya dalam rangka merenungi tanda – tanda kebesaran Allah πŸ˜€

Mungkin iuran kita agak di atas rata2 karena dari awal kita niatkan untuk piknik dengan logistik yang tentunya melambangkan kalo itu piknik *padahal keknya karena baru pertama kali ini naik dengan prepare ala newbie2 πŸ˜† Sekali lagi terima kasih, kalian luar biasa πŸ™‚

About penggapai mimpi

Buat mimpi setinggi dan sebanyak mungkin, lakukan sebaik-baik aksi lalu gapai sebanyak-banyaknya. Jangan pernah sedikitpun lupa akan Yang Maha Kuasa. Masalah pencapaian yang meleset, setidaknya ia meleset dari impian terbaik, bukan dari impian remeh.
This entry was posted in Catatan Perjalanan. Bookmark the permalink.

4 Responses to [catper] Papandayan 20-21 April 2013

1. Senangnya ramai2 wece2 :D,
    Anyway, salam kenal. Numpang mampir hehe

2. Al Farisy says:

Akhwat-akhwat tangguh,,,, like…. jadi kangen sama Papandayan…